Tips Cara Bermain Instagram Dengan Baik Dan Benar

Image Source : https://pixabay.com

Tips Cara Aman Main-Main di Instagram

Banyak orang yang tidak menyadari bahwa bermain media sosial pun ada aturannya. Akan tetapi, mereka yang sudah mengetahui aturannya pun terkadang tidak peduli dengan hal itu. Padahal bila seorang pengguna terlalu sering melanggar sebuah peraturan, maka bisa saja akunnya di-block. Salah satu media sosial yang memberlakukan hal ini adalah Instagram. Apa saja yang membuat seorang pengguna mendapatkan masalah saat bermain Instagram? Simak ulasannya di bawah ini:

  • Postingan yang melanggar pedoman komunitas Instagram

Pengguna dapat melaporkan akun Instagram yang memposting hal-hal yang seharusnya tidak ada di Instagram. Kamu sebagai pengguna pun dapat melaporkan hal yang sama. Nantinya, mereka akan bekerja sepanjang waktu untuk meninjau dan menghapus tiap postingan yang melanggar Pedoman Komunitas Instagram dengan cepat. Hal ini tentu sangat efektif untuk memberantas hal-hal yang tidak pantas. Terlebih di sini pengguna pun ikut andil dalam bertindak, sehingga pihak Instagram seperti memiliki banyak mata di mana-mana. 

Nah, sebagai pengguna Instagram yang baik, kamu jangan sampai mendapatkan report dari orang lain. Jika kamu mendapatkannya, itu berarti ada postingan kamu yang menyinggung pengguna lain. Jika report tersebut sangat banyak, maka postingan kamu akan dihapus. Lebih parahnya lagi, akun kamu akan di-block.

  • Tidak boleh ada konten pelecehan di Instagram

Demi kenyamanan penggunanya, Instagram memang menetapkan sejumlah aturan. Salah satu dari aturan tersebut adalah tidak boleh ada konten pelecehan di Instagram. Untuk menindaklanjuti aturan yang satu ini, Instagram menyediakan fitur untuk memblokir akun orang lain. Misalnya, kamu tidak ingin berinteraksi dengan salah satu pengguna Instagram yang mengganggu, maka kamu bisa memblokir akunnya. Dengan memblokir akun Instagram tersebut, berarti akun yang kamu blokir tidak bisa melihat lagi apapun yang kamu posting. Selain itu, fitur ini pun bisa kamu berhentikan kapan saja. 

Cara lainnya adalah dengan menonaktifkan komentar dipostingan kamu. Terkadang ada beberapa pengguna yang mungkin meninggalkan komentar negatif di postingan kamu. nah, kamu bisa menonaktifkan kolom komentar di postinganmu, dengan begitu tidak akan ada lagi yang memposting hal-hal negatif di kolom komentar. Selain itu, masih banyak fitur yang bisa kamu manfaatkan untuk menambah kenyamanan kamu saat bermain Instagram. 

  • Lindungi privasi kamu di Instagram

Instagram adalah sosial media yang populer di semua kalangan. Hal ini membuat akun kamu bisa diakses oleh siapapun, baik itu yang kenal baik dengan kamu ataupun oleh mereka yang tidak mengenalmu. Fakta ini harusnya menyadarkan kamu bahwa kebocoran privasi sangatlah rentan terjadi, sehingga kamu harus pintar-pintar mengamankan privasimu. 

Untungnya Instagram memiliki fitur untuk mengatasi hal ini. Dengan fitur ini, pengguna bisa mengendalikan terhadap apa saja yang ingin kamu bagikan di Instagram. Kamu dapat membuat akunmu menjadi private. Hal ini membuat kamu lebih mudah mengatur siapa saja yang dapat mengikuti kamu di Instagram. Tidak hanya itu, kamu pun dapat menghapus followersmu kapanpun. Tidak hanya itu, kamu pun dapat menonakfitkan “Status Aktivitas” kamu, supaya orang lain tidak tahu bahwa kamu tengah online atau tidak. Selain itu, banyak fitur lainnya yang bisa kamu manfaatkan untuk menjaga privasi di Instagram. Dengan semua fitur itu, dijamin, kamu bakal lebih mudah mengatur Instagram kamu seperti yang kamu inginkan. 

  • Menentukan berapa lama waktu yang kamu habiskan di Instagram

Instagram juga sangat peduli terhadap waktu yang kamu habiskan di Instagram. Untuk mengetahuinya, kamu bisa ke menu “Aktivitas Anda”, di sana kamu bisa melihat dasbor yang menunjukkan jumlah rata-rata waktu yang kamu habiskan di Instagram. Untuk lebih jelasnya, kamu bisa melihat grafik harian. Di sana kamu bisa melihat total waktu yang dihabiskan selama satu hari di Instagram. 

Tidak hanya itu, di bagian bawah dasbor pun, kamu bisa mengaktifkan pengingat otomatis. Pengingat ini akan mengirimkan notifikasi ketika kamu telah mencapai batas waktu tertentu di Instagram. Batas waktu ini kamu yang menentukannya sendiri. Dengan fitur ini kamu akan lebih bisa mengontrol waktumu dalam bermain Instagram. Seperti biasa, kamu pun bisa menguliknya lebih jauh lagi untuk bisa lebih tahu bagaimana cara me-manage waktumu di Instagram.

  • Kamu bisa melindungi orang lain di Instagram

Poin terakhir ini berkaitan dengan poin pertama. Hanya saja, laporan di sini bukan untuk memblokir akun tersebut melainkan untuk memberinya bantuan. Bila kamu melihat akun yang mencoba untuk bunuh diri ataupun akun yang berusaha untuk melukai diri sendiri, maka kamu bisa melaporkan postingan tersebut sebagai postingan yang “melukai diri sendiri”. Laporan tersebut dilaporkan secara anonim. 

Nantinya, orang yang memiliki akun tersebut akan melihat sebuah pesan yang bisa menghubungkan mereka ke sejumlah sumber bantuan. Nah, ada beberapa sumber bantuan, seperti menghubungi layanan bantuan, berbicara dengan teman dan lainnya. Fitur ini sangat berguna untuk saling membantu sesama pengguna Instagram. Untuk itu, jangan ragu untuk membantu sesama. Nah itulah beberapa hal aman untuk main-main di Instagram. Semoga bermanfaat. 


Baca Juga
var jumlah = 4

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tips Cara Bermain Instagram Dengan Baik Dan Benar"

Post a comment