5 Manfaat Pelukan Yang Harus Kamu Tau

Pelukan adalah salah satu cara untuk menunjukkan kasih sayang kepada seseorang. Pelukan ini memiliki kehangatan yang membuat orang yang dipeluk merasa dilindungi dan disayang. Tidak heran jika pelukan dapat menenangkan seseorang saat tengah dalam keadaan tidak baik. Pelukan juga dapat menyalurkan kekuatan dan dukungan pada orang-orang yang membutuhkannya. Dengan pelukan, kita bisa menyalurkan berbagai rasa yang tidak bisa disampaikan oleh lidah. Nah, untuk lebih jelasnya, ada sejumlah manfaat dari pelukan yang harus kamu tahu. Apa saja? Simak ulasannya di bawah ini:
Image Source : https://pixabay.com/id/

  • Pelukan dapat menghilangkan kesepian
Merasa kesepian memang tidak menyenangkan. Kebanyakan orang merasa kesepian menganggap dirinya tidak dibutuhkan dan dicintai oleh siapapun. Padahal faktanya, banyak orang yang menyayangi dan membutuhkannya, hanya saja dia tidak menyadarinya. 

Kesepian di zaman sekarang ini semakin parah kasusnya. Terutama saat teknologi semakin berkembang seperti saat ini. Banyak orang menyambung silaturahmi hanya dengan mengirim pesan dan tidak bertatap muka secara langsung. Padahal kehadiran mereka sangatlah penting untuk menunjukkan kepedulian seseorang. 

Kebanyakan orang saat ini hanya mengungkapkan perasaannya dengan ciuman virtual, emotikon sampai status media sosial. Kondisi ini semakin menjauhkan kamu dengan orang lain secara fisik. Beberapa orang mungkin tidak menyadari bahwa dirinya kesepian. Kesepian bisa diobati dengan pelukan hangat dari orang terkasih. Hal ini untuk menunjukkan bahwa mereka tidak kesepian. Sebab, masih banyak orang yang peduli pada mereka. Menurut sejumlah penelitian, pelukan ini dapat melepaskan oksitosin yang dikenal juga sebagai hormon cinta. 
  • Pelukan dapat meringankan sakit
Haifa Israel melakukan penelitian dan menemukan bahwa pelukan punya efek yang membunuh rasa sakit. Hal ini membuat orang yang mengalami rasa sakit akan sedikit terobati dengan pelukan. Untuk itulah, saat orang-orang yang kamu sayangi tengah mengalami kesakitan, cobalah untuk memeluknya. Pelukan hangat kamu akan mengantarkan ketenangan padanya sehingga dapat mengurangi rasa sakitnya. Dia akan lebih tenang dan rasa sakitnya pun akan cepat hilang. 
  • Pelukan dapat mengurangi stress dan depresi
Jika dilihat, pelukan hanyalah sebuah gerakan sederhana yang dilakukan untuk menunjukkan kasih sayang. Ternyata di balik semua itu, pelukan memberikan dampak yang luar biasa untuk yang menerimanya. Salah satunya adalah dapat mengurangi stress dan depresi. Stress dan depresi biasanya dipicu oleh beban pikiran yang menggunung sehingga tidak sanggup ditahan lagi. Untuk mengurangi rasa stress dan depresi ini, kamu bisa memeluk mereka yang mengalaminya. Hormon oksitisin yang dilepaskan saat pelukan membuat kamu tetap bahagia. 

Pelepasan hormon tersebut juga secara otomatis dapat mengurangi stress dan depresi. Bahkan ada beberapa laporan yang menyebutkan, bahwa saat kamu berpelukan atau bahkan hanya memegang tangan orang yang tengah mengalami tekanan, maka itu akan menurunkan produksi hormon stress atau lebih dikenal dengan kortisol.

Untuk itu, saat kamu mengalami masalah yang berat, mungkin akan sangat sulit jika langsung mengungkapkannya. Kamu bisa meminta pelukan hangat dari orang-orang terdekat kamu. pelukan yang tulus tersebut akan memberikan rasa nyaman, aman dan tenang bagi kamu. Bahkan, tanpa mengungkapkan apapun, kamu akan merasa lebih baik. Namun, jika kamu berani bercerita tentang masalahmu pada orang-orang terdekat, mungkin akan lebih meringankan beban kamu.
  • Pelukan membuat jantung kamu lebih sehat
Orang-orang yang kurang bahagia dalam hidupnya biasanya memiliki sejumlah penyakit. Penyakit yang diderita tersebut kebanyakan karena efek stress dan tekanan pikiran yang selama ini ia derita. Untuk menghindari hal ini, kamu tentu harus menjauhkan diri dari stress. Sebab, kortisol yang merupakan hormon stress itu dapat meningkatkan tekanan darah. Jika tekanan darah meningkat, maka risiko penyakit jantung pun semakin kuat. Sejumlah laporan dan pelitian pun berhasil menunjukkan fakta bahwa berpelukan dalam waktu yang teratur dapat menurunkan kadar korsitol. Bahkan penurunan yang terjadi itu sangat drastis. Dengan kata lain, risiko penyakit jantung menyerang kamu menurun secara drastis juga. 
  • Pelukan membuat komunikasi lebih baik
Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, saat masalah mendera, kebanyakan orang tidak serta merta mengungkapkannya. Bahkan pada orang yang mereka percaya sekalipun. Bisa saja, karena mereka belum siap, atau karena masalah tersebut terlalu menyakitkan untuk diceritakan kembali. Di saat seperti ini, orang-orang tersebut biasanya hanya memerlukan sebuah ketenangan. Nah, ketenangan tersebut bisa didapatkan dengan cara berpelukan.

Bila kamu melihat temanmu tengah menangis sesegukan, kamu pun bisa memberikan pelukan untuknya. Hal ini dapat menenangkan dirinya. Setelah tenang, kamu secara perlahan bisa bertanya, apa yang terjadi padanya. Dia pasti bisa menjelaskannya lebih baik, dibanding menceritakannya langsung saat dia tengah menangis. 

Nah itulah manfaat yang luar biasa dari pelukan. Tanpa mengucapkan kata apapun, pelukan sudah bisa mengungkapkan semua yang ingin kamu sampaikan. Jangan lupa sering-seringlah memeluk orang-orang terkasihmu. Sebab dengan itu, kamu bisa menunjukkan betapa besar cintamu kepada mereka. Semoga bermanfaat. 

Baca Juga
var jumlah = 4

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "5 Manfaat Pelukan Yang Harus Kamu Tau "

Post a comment