5 Cara Mengetahui Spesifikasi Laptop

Inilah 5 Cara Tahu Spesifikasi Laptop Supaya Tidak Salah Beli

Laptop sekarang ini sudah menjadi suatu kebutuhan yang tidak bisa dipisahkan dari kegiatan sehari-hari. Mulai dari kebutuhan sebagai murid, mahasiswa sampai pekerja. Setiap kebutuhan tentu membutuhkan spesifikasi yang berbeda. Terlebih setiap kebutuhan, ada beberapa spesifikasi yang harus unggul, dan beberapa spesifikasi lainnya biasa saja. Supaya kamu tidak salah pilih saat membeli laptop, cari tahu dulu spesifikasinya. Apa saja spesifikasi yang harus diketahui? Simak ulasannya di bawah ini:

  • Perhatikan spesifikasi prosessornya, kalau perlu pilih yang canggih supaya lebih maksimal kinerjanya

Sebelum kamu membeli sebuah laptop, kamu harus tahu tujuan kamu membeli laptop tersebut. Apakah laptop tersebut akan digunakan untuk bekerja, bermain game, atau keperluan multimedia. Nah, tujuan kamu membeli laptop ini akan menentukan laptop seperti apa yang harus kamu beli. 

Image Source : https://pixabay.com/id/
Bila kamu ingin memiliki laptop yang mampu menunjang dalam mengolah multimedia, maka laptop dengan prosesor minimal Intel Core i5 bisa menjadi pilihan. Prosesor dengan jenis ini terkenal kuat dan siap menunjang pengolahan multimedia kamu.

Pemilihan prosesor Intel ini bukan berarti prosesor AMD tidak tangguh. Prosesor AMD ini lebih cocok dijadikan sebagai laptop untuk bermain game. Terlebih bila laptop tersebut mengusung prosesor AMD A8. Games berat pun tidak akan lag dibuatnya. 

Sementara untuk pekerjaan standar, baik itu prosesor AMD maupun Intel, tidak ada bedanya. Sebab, untuk pekerjaan standar, kamu tidak perlu laptop dengan spesifikasi prosesor tertentu. Namun akan lebih aman bila kamu memilih prosesor dengan minimal Inter Core i5 atau AMD A8. Hal ini dimaksudkan, saat kamu tiba-tiba harus mengerjakan suatu hal berat dengan laptopmu, tidak akan ada masalah yang berarti nantinya. 

  • Pertimbangkan laptop yang memiliki grafis mantap karena grafis menentukan kenyamanan menatap layar monitor

Jika melihat dari dua pesaing ternama adalah NVIDA GeForce dan AMD Radeon. Masing-masing dari GPU ini punya ciri khas tersendiri. Biasanya, NVIDIA GeForce terhitung lebih handal dibanding AMD Radeon dalam hal pengolahan foto dan video. NVIDIA GeForce pun termasuk baik dalam gaming. Akan tetapi, AMD Radeon pun tidak kalah baik dalam dunia gaming. 

Setelah mengetahui dua jenis grafis di atas, kamu sekarang pikirkanlah, lebih banyak digunakan untuk apa laptop kamu nanti. Namun usahakan, laptop yang kamu beli minimal dibekali dengan VGA GeForce 920M. Jika dilihat dari segi gaming memang kurang, akan tetapi bila mengerjakan pekerjaan multimedia, tidak akan ada kendala. 

Bila kamu menyukai dunia musik, maka prosesor AMD bisa kamu andalkan. Hal ini karena, prosesor AMD punya lebih banyak pendukung extensi audio dibanding NVIDIA GeForce. Tak hanya itu Radeon pun punya fitur UVD yang tak tersedia di NVIDIA GeForce. 

Jika laptop kamu hanya akan digunakan untuk hal-hal yang tidak terlalu berat, maka kamu bisa memilih GPU NIVIDIA GeForce. Minimal kamu memilih seri GeForce 920m atau AMD Radeon HD7000-series ke atas. Keduanya dikategorikan menjadi VGA yang baik supaya laptop tidak terlalu lelet.

  • Perhatikan kapasitas RAM-nya, pastikan sesuai dengan kebutuhan kamu

RAM merupakan hal penting lainnya yang harus dipertimbangkan. Setidaknya, kamu harus tahu berapa minimal RAM yang dibutuhkan untuk kebutuhan kamu. Minimal, supaya laptop tidak lelet, kamu harus memilih laptop dengan kapasitas RAM 4GB DDR3. Kapasitas ram tersebut dapat membuat laptop bernafas lega meski digunakan untuk membuka beberapa aplikasi sekaligus. 

  • Pilihlah laptop dengan ukuran layar yang nyaman

Sebenarnya, ini tergantung dari selera masing-masing. Ada orang yang nyaman dengan layar laptop yang kecil, ada juga orang yang tidak nyaman dengan hal itu. Maka dari itu, sesuaikan layar laptop dengan usaha kamu. Supaya layarnya tidak terlalu kecil, akan lebih baik memiliki ukuran 14inci. Selain tidak terlalu kecil, ada sejumlah alasan kenapa kamu harus memilih ukuran layar laptop 14inci. Jika kamu membeli laptop dengan ukuran layar kurang dari 14inci, maka apa bedanya dengan tablet? Untuk itulah, laptop dengan ukuran layar 14 inci merupakan opsi yang paling baik untukmu. Dengan begitu, kamu bisa menggunakannya dengan nyaman, baik itu menggunakannya untuk pekerjaan standar, edit video, gaming dan lainnya. 

  • Pilihlah laptop yang memiliki garansi resmi

Ini merupakan hal yang paling penting. Setiap laptop dengan merek apapun itu, pasti ada garansi yang diberikan. Nah, kamu harus memperhatikan garansi ini. Jangan sampai, kamu tertipu dengan garansi yang tidak jelas. Utamanya, saat kamu membeli laptop bekas. Kamu harus benar-benar jeli saat membelinya. 

Nah itulah beberapa cara yang harus kamu terapkan supaya laptop yang kamu beli sesuai dengan kebutuhan kamu. Supaya tidak bingung saat datang ke toko penjual laptop, akan lebih baik kamu menentukan spesifikasinya mulai dari sekarang. Saat telah sampai di toko penjual laptop, kamu tinggal bertanya seputar spesifikasi laptop yang kamu cari. Cara ini akan lebih mudah tentunya. Semoga bermanfaat. 

Baca Juga
var jumlah = 4

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "5 Cara Mengetahui Spesifikasi Laptop"

Post a comment