Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami

 Cara Menghilangkan Jerawat dengan Cepat

Jerawat merupakan penyakit kulit yang bisa menyerang pria maupun wanita dan sangatlah dibenci banyak orang. Walaupun bentuknya yang kecil, jerawat yang menempel pada kulit wajah akan menimbulkan rasa yang tidak nyaman. Tidak hanya rasa sakit akibat peradangan saja yang akan Anda rasakan, namun secara otomatis jerawat yang ada di wajah dengan jumlah banyak akan membuat kita kurang percaya diri. 
Image Source : https://pixabay.com/


Faktor Penyebab Jerawat yang Perlu Diketahui

Jerawat sendiri adalah suatu benjolan kecil yang timbul karena terjadinya penyumbatan pori-pori. Jerawat biasanya akan menimbulkan peradangan pada kulit, hal ini ditandai dengan adanya nanah atau darah. Ada banyak sekali faktor penyebab jerawat seperti karena produksi minyak berlebih pada kulit, jarang membersihkan wajah, selalu terkena polusi dan terpapar sinar matahari, hormone hingga pola makan yang tidak sehat ternyata juga dapat menjadi penyebab timbulnya jerawat. 

Cara Menghilangkan Jerawat

Banyak cara yang digunakan untuk menghilangkan jerawat. Tidak mempan cara yang satu, maka beralih ke cara yang lain. Begitu seterusnya hingga akhirnya banyak dari mereka yang menyerah untuk menghilangkan jerawat di wajahnya. Bermacam-macam cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan jerawat dengan cepat, baik itu dengan bahan alami ataupun dengan obat-obatan. Nah bagi Anda yang ingin sekali menghilangkan jerawat di wajah, beberapa cara menghilangkan jerawat dibawah ini dapat Anda coba lakukan. 

  • Es batu

Menempelkan kompres es pada jerawat yang meradang akan mengurangi kemerahan dari jerawat. Sebelum ditempelkan ke wajah, balut lebih dulu esbatu dengan kain bersih. Diamkan tempelan kompres es selama beberapa menit dan ulangi hingga kemerahan berkurang. Namun, ketika melakukan hal ini pastikan Anda tidak menekan jerawat terlalu kencang karena hal tersebut malah dapat menyebabkan bakteri menyerang jerawat dan timbul peradangan pada kulit wajah.

  • Aspirin

Tidak hanya digunakan untuk mengobati sakit kepala, Aspirin juga bisa digunakan untuk mengurangi kemerahan pada jerawat. Asam salisilat yang terdapat pada aspirin akan membantu mengurangi peradangan dengan mengelupas.
Cara yang dilakukan yaitu: belah aspirin menjadi dua bagian, haluskan dengan air, kemudian oleskan pada jerawat. Gunakan plester untuk melindungi obat tersebut dan diamkan selama 30 menit.

  • Pasta gigi

Salah satu obat yang sering digunakan untuk mengatasi kemerahan akibat jerawat yaitu pasta gigi. Kandungan silica yang terdapat pada pasta gigi dapat membantu mengeringkan jerawat. 
Satu hal yang harus Anda ingat adalah pastikan Anda tidak menggunakan pasta gigi yang mengandung mentol atau fluoride. Pasta gigi yang mengandung bahan tersebut bukan malah menghilangkan jerawat, tetapi malah mengakibatkan iritasi pada kulit dan menyebabkan jerawat akan lebih banyak muncul.

  • Lemon

Bahan alami yang satu ini juga dapat menghilangkan jerawat. Kandungan vitamin C dan juga adanya zat asam askorbat-L yang ada pada buah lemon dapat mengurangi masalah peradangan pada kulit wajah yang berjerawat. Selain itu, lemon juga dikenal sebagai pembersih pori-pori yang tersumbat, penghilang noda wajah, dan pencerah kulit wajah.
Langkah-langkah yang harus dilakukan yaitu: peras buah lemon, oleskan perasan air lemon tersebut ke area wajah, diamkan selama 15 menit, bilas wajah dengan air dingin, dan keringkan wajah dengan handuk.

  • Kulit jeruk

Kulit jeruk mengandung zat asam alfa hidroksi dan vitamin C yang cukup banyak. Dan ternyata kandungan ini sangat baik digunakan  untuk menghilangkan jerawat dengan cepat. Kulit jeruk memiliki banyak manfaat misalnya seperti dapat membersihkan pori-pori kulit hingga mampu mengangkat sel-sel kulit mati yang ada pada kulit wajah dan dapat menyebabkan jerawat.
Langkah-langkah yang harus dilakukan yaitu: keringkan kulit jeruk dengan cara dijemur di bawah sinar matahari hingga benar-benar kering, tumbuk hingga halus, campur bubuk kulit jeruk tersebut dengan sedikit air sehingga membentuk pasta, kemudian oleskan pada wajah, diamkan selama 30 menit, bilas wajah dengan air hangat, dan keringkan wajah dengan handuk. 

  • Papaya

Pepaya juga dapat Anda gunakan untuk menghilangkan jerawat karena buah pepaya mengandung zat enzim papain. Zat enzim inilah yang memiliki peranan penting dalam membantu proses regenerasi kulit dengan mengikis sel-sel kulit mati penyebab jerawat. Antioksidan dan vitamin didalamnya pun juga dapat membantu mencerahkan kulit, mengurangi kemerahan pada jerawat, dan mengurangi peradangan pada kulit.

Langkah-langkah yang harus dilakukan yaitu: haluskan buah pepaya, tambahkan satu sendok madu atau perasan air lemon, gunakan pasta pepaya tersebut sebagai masker, diamkan selama 30 menit, bilas wajah dengan air hangat, dan keringkan wajah dengan handuk.

Jadi tunggu apalagi segera coba beberapa cara menghilangkan jerawat diatas dan buktikan sendiri. Terimakasih. 

Baca Juga
var jumlah = 4

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami "

Post a comment