9 Cara Merawat Handphone Dengan Baik

9 Tips Merawat Gadget / HP Supaya Awet

Di zaman sekarang, setiap orang pasti memiliki gadget untuk menunjang kegiatan sehari-harinya. Gadget ini memiliki berbagai fungsi, tidak hanya untuk memperlancar komunikasi saja. Tidak heran jika gadget seperti tidak akan lepas dari kehidupan sehari-hari dan digunakan secara terus menerus.

image source : https://pixabay.com/id/
Meski hanya sebuah mesin pintar, gadget pun butuh istirahat. Kebanyakan orang hanya mengistirahatkan gadget saat mereka tidur saja. Selain itu, gadget seperti tidak pernah lepas dari genggaman mereka. Kondisi ini sebenarnya membuat gadget lebih cepat rusak. Nah, supaya hal ini tidak terjadi, apa yang harus dilakukan? Simak ulasannya di bawah ini:

  • Jangan biarkan baterai sampai habis total

Terkadang saat benar-benar dibutuhkan, kita membiarkan gadget sampai benar-benar mati total. Padahal kondisi tersebut tidak baik untuk kesehatan gadget. Isilah baterai gadget saat kondisinya sudah 10-20%. Bila kamu mengisinya saat baterai benar-benar habis, maka proses isi ulang akan memakan waktu lebih lama. Tak hanya itu, baterai yang dibiarkan habis total pun dikhawatirkan lebih cepat kehabisan daya karena kondisi baterai yang aus. 

  • Hindari men-charger Gadget Semalaman

Sebagian besar smartphone yang beredar saat ini sudah dibekali teknologi canggih, yaitu teknologi yang dapat membuat aliran listrik berhenti saat baterai penuh. Akan tetapi, bila dibiarkan terlalu lama, bahkan semalaman bukanlah ide yang baik. Sebab, akan lebih baik bila kamu menghentikan pengisian saat indikasi baterai menunjukkan 90%.

  • Hindari Charger yang bukan bawaan

Hal ini mungkin sering disepelekan. Padahal cukup berpengaruh buruk pada baterai. Komponen yang ada di baterai bukan bawaan dengan komponen ponsel kamu tentu berbeda sehingga tidak akan cocok. Meski pengisian baterai meski tetap bisa dilakukan. Kamu tetap bisa menggunakan charger yang bukan bawaan, hanya saja saat terdesak saja. Bila dilakukan setiap baterai habis, itu akan menyebabkan smartphone cepat rusak.

  • Hindari memasang case tambahan saat mengisi ulang

Case merupakan salah satu aksesoris handphone yang paling diminati saat ini. Banyak sekali jenis case yang beredar di pasaran, seperti hardcase dan softcase. Case tersebut memang membuat smartphone kamu tetap aman saat tidak sengaja terjatuh. Akan tetapi saat smartphone di-charge, usahakan untuk melepas case tersebut terlebih dahulu. Case membuat smartphone cepat panas saat di-charge.

  • Hindari men-charge baterai smartphone di laptop

Saat kamu tengah membagikan data lewat smartphone ke laptop, mungkin tidak masalah sekalian men-charge. Akan tetapi, jangan melakukan hal ini terlalu sering karena akan berdampak buruk pada smartphone. 

  • Jangan asal menyimpan smartphone di tas

Banyak orang merasa lebih aman bila menyimpan smartphone di tas. Terlebih menyimpan smartphone di saku celana memang tidak baik untuk kesehatan. Nah, meski menyimpan smartphone di atas merupakan hal yang aman. Kamu tetap harus memperhatikan keamanan smarpthonemu. Di dalam tas, tentu tidak hanya ada smartphone saja, tapi juga barang-barang yang lainnya. Dikhawatirkan, barang yang ada dalam tas tersebut dapat merusak smartphone. 

Alangkah baiknya jika kamu menyimpan smartphone di dalam pouch khusus supaya saat dimasukkan ke tas akan aman. Atau, kamu juga bisa melindungi layar dengan case dan pelindung layar supaya tidak tergores barang lain yang ada di tas kamu. 

  • Rajin membersihkan smartphone

Usahakan untuk rajin membersihkan smartphone. Sebab, smartphone digenggaman kamu merupakan sarang kuman yang harus dibasmi. Jika tidak rutin dibersihkan, tidak hanya smartphone kamu yang rusak, tapi juga kamu akan terkena berbagai macam penyakit. 

Kamu bisa membersihkan layar smartphone dengan kain microfiber. Kain ini dipilih karena memiliki tekstur lembut dan tidak akan menyebabkan goresan pada layar. Untuk menjangkau lubang yang terdapat pada smartphone, kamu bisa menggunakan cutton buds.  Cara ini mungkin cukup memakan waktu saat membersihkannya, namun hal ini dilakukan demi kebersihan smartphone kamu. 

  • Jangan sampai smartphone overheat

Smartphone yang overheat tentu tidak baik. Overheat biasanya terjadi saat smartphone terlalu lama digunakan. Bisa juga terjadi karena aplikasi yang dibuka terlalu banyak atau tengah menjalankan aplikasi yang berat. Ada juga hal-hal lainnya yang menyebabkan smartphone overheat. Apabila hal ini sering terjadi, maka lebih baik kamu cari tahu penyebabnya. Mungkin saja terjadi hal yang tidak beres pada smartphone kamu. 

  • Hindari membuka laptop di bawah sinar matahari

Penggunaan yang satu ini harus dihindari. Bila smartphone kamu kontak terlalu lama dengan cahaya matahari langsung, dapat membuat ketajaman layar smartphone menurun. Hal ini tentu sangat merugikan kamu. Jika hal ini terjadi, kamu pasti tidak nyaman dengan smartphone kamu. 

Nah itulah beberapa tips yang bisa kamu terapkan untuk menjaga gadget kamu tetap awet. Dengan begitu, kamu bisa menggunakan gadget kamu dalam waktu yang lama dengan masalah yang minim. Mungkin beberapa tips di atas terkesan ribet dan cukup membutuhkan waktu saat merawatnya. Namun hal ini demi kelangsungan smartphone kamu. Semoga bermanfaat. 


Baca Juga
var jumlah = 4

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "9 Cara Merawat Handphone Dengan Baik"

Post a comment