Cara Membuat Tenda Camping Cuma 5 Menit !

Cara Bikin Tenda Camping dengan Cepat

Camping merupakan salah satu kegiatan yang bisa dilakukan saat hari libur yang bisa dilakukan di hutan ataupun di pantai. Camping sangatlah cocok bagi Anda yang ingin menghilangkan penat dan stress setelah full bekerja setiap harinya dan bisa dilakukan dengan siapa saja, baik bersama teman, rekan kerja, ataupun keluarga.

Image Source : https://pixabay.com/id/
Ada beberapa hal yang harus dipersiapkan untuk melakukan kegiatan camping, salah satunya ialah tenda. Tenda sangatlah penting dibutuhkan untuk digunakan sebagai tempat beristirahat saat camping. Namun tahukah Anda cara bikin tenda camping? Pengetahuan cara bikin tenda sangatlah penting dimiliki. Walaupun terlihat sepele, pengetahuan bikin tenda akan memudahkan Anda dalam menyiapkan peralatan camping. 

Bagi Anda yang belum pernah bikin tenda dan tidak tahu caranya, tidak perlu khawatir. Pada artikel kali ini akan dibahas mengenai cara bikin tenda camping dengan cepat tanpa memerlukan banyak waktu.

Cara Bikin Tenda Camping Cuma 5 Menit aja !

Berikut beberapa langkah untuk membangun tenda dengan cepat.

  • Langkah pertama


Langkah pertama ini dilakukan untuk menyesuaikan dengan tenda yang digunakan, yaitu : 
  1. Mencari permukaan tanah yang rata agar lebih nyaman saat digunakan nantinya. 
  2. Mencari luas tanah yang sesuai dengan ukuran tenda yang akan dibangun.
  3. Setelah itu letakkan tenda yang akan dibangun sesuai tempat yang sudah ditentukan sebelumnya dengan bagian belakang ada dibagian atas untuk memudahkan proses pendirian tenda.

  • Langkah kedua


Langkah selanjutnya ini dilakukan untuk memulai proses pendirian tenda.
  1. Pemasangan tiang ditiap-tiap bagian, yaitu depan, belakang, samping-samping, dan pintu depan tenda.
  2. Ikat setiap sisi tenda menggunakan tali agar tenda nantinya tidak gampang roboh dan rusak serta mempermudah proses pendirian tenda.
  3. Selanjutnya, proses pendirian tenda. Seperti ilustrasi pada gambar diatas, dibutuhkan empat orang yaitu A dan B sebagai pengangkat tiang tenda, sedangkan C dan D sebagai penarik tali agar tenda berdiri tegak.

  • Langkah ketiga


Langkah ketiga ini dilakukan untuk membuat pondasi tenda.
  1. Pemasangan kayu pada setiap sisi tenda dengan menancapkannya ke dalam tanah. Kayu yang digunakan yaitu kayu kuat yang diruncingkan pada bagian ujung yang dapat menahan tenda dari angin kencang dan hujan deras.
  2. Mengikat tali (yang sudah ditarik pada langkah kedua) pada kayu tersebut. Sebaiknya ikat tali pada sisi kanan dan kiri bagian depan tenda terlebih dahulu agar tenda berdiri seimbang tidak miring ke kanan ataupun ke kiri.
  3. Tarik tali sekuat mungkin dan ikat menggunakan simpul ganda.

  • Langkah keempat

  1. Langkah yang terakhir ini dilakukan untuk memperkuat pondasi tenda. Tariklah sekuat mungkin tali tenda agar tenda berdiri kokoh. Ikat tali dengan rapih agar tenda terlihat bagus dan tidak berantakan.

Solusi Pendirian Tenda Berdasarkan Kontur Tanah


Pendirian tenda pada tanah yang mudah menggunakan cara bikin tenda diatas memanglah sangat cepat dan efektif. Namun seperti yang kita telah diketahui, Indonesia memiliki beragam macam kontur tanah. Apabila kita mendirikan tenda pada kontur tanah berbatu, bergambut, atau berpasir tentu sangat susah saat tahap penancapan patok tenda. Tentu hal ini ada solusinya.

Terlebih dahulu kita lihat disekitar tenda apakah ada pohon yang bisa di manfaatkan sebagai pondasi tenda. Pastikan dulu kondisi pohon tersebut apakah cukup kuat dijadikan sebagai pondasi atau tidak. Penggunaan batu yang dikombinasikan dengan kayu dan tali seperti pada ilustrasi diataspun juga bisa digunakan bila kontur tanah pada lokasi pendirian tenda tersebut bergambut ataupun berpasir.

Itulah informasi mengenai cara bikin tenda camping 5 menit dengan cepat dan solusinya. semoga bermanfaat dan semoga camping Anda menyenangkan.

Baca Juga
var jumlah = 4

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Membuat Tenda Camping Cuma 5 Menit !"

Post a comment