Olahraga Untuk Kamu Yang Pemalas

Olahraga Untuk Kamu Yang Pemalas Dan Sibuk

Bekerja di kantor cukup menguras waktu dan tenaga. Ditambah dengan kegiatan lainnya membuat tidak ada waktu untuk berolahraga. Padahal sebagian waktu dihabiskan dengan duduk terus di kantor, sehingga otot-otot tubuh tidak sering digerakkan. Hal ini membuat tubuh kita kaku dan butuh olahraga. 

image source : https://pixabay.com/id/
Sebagian dari kalian mungkin ingin mengambil kelas di sebuah gym. Hanya saja, hal tersebut tidak dilakukan karena memang tidak ada waktu untuk melakukannya. Nah, kamu tidak usah memaksakan diri bila tidak bisa. Sebab, sekarang ini ada olahraga yang bisa kamu lakukan di waktu sibuk sekalipun. Olahraga ini dapat dilakukan 20 sampai 30 menit setelah bangun tidur. Apa saja olahraganya? Simak ulasannya di bawah ini:

  • Lakukan peregangan untuk melenturkan otot yang kaku

Peregangan sebelum melakukan olahraga memang sangat penting. Hal ini guna menghindari adanya kram otot. Dengan begitu, tubuh lebih siap untuk melakukan gerakan-gerakan olahraga. Caranya adalah dengan meregangkan tangan kamu ke atas. Jangan lupa juga lakukan gerakan memutar leher untuk membuat tubuh kamu lebih siap melakukan gerakan selanjutnya. 
Tekuk lutut kamu 

Ini adalah bagian dari gerakan peregangan untuk kaki. Letakkan satu kaki ke arah belakang dan satunya lagi ke arah depan. Posisikan kaki depan ditekuk 90 derajat, sementara kaki belakang di posisi lurus. Tahan posisi ini selama 10 kali hitungan, kemudian pindah posisi kaki kamu. ulangi langkah ini sebanyak 10 kali. Setelah itu baru alihkan ke gerakan selanjutnya. 
Lakukan squats

Gerakan squats akan membantu mengenangkan otot paha dan persendian kamu di bagian bawah. Squats ini dilakukan dengan berdiri meregangkan kaki, punggung kamu dalam posisi lurus, kedua tangan ditekuk di belakang leher, dan tekuk lutut ke bawah dengan perlahan. Kamu harus menahan posisi ini selama 10 detik. Kemudian gerakan tubuh kamu. lakukanlah sebanyak 10 kali sebelum beralih ke gerakan berikutnya. Jangan lupa juga untuk menjaga punggung kamu tetap lurus saat posisi turun. 

  • Crunches

Crunches tidak jauh bedanya seperti kamu melakukan sit-up. Akan tetapi, gerakannya bukan mengangkat seluruh punggung dari lantai, melainkan hanya mengangkat punggung di bagian atas. Gerakan ini hanya menekan otot perut tanpa melibatkan otot di bagian pinggul Anda. Pastikan bagian bawah kamu membentuk huruf V antara dada dan paha, sebelum berbaring kembali. Ulangi gerakan ini sampai 10 kali, setelah itu barulah ke gerakan berikutnya.

  • Push-Up

Push-up bisa dilakukan dengan banyak cara. Hanya saja, untuk sekarang kamu bisa melakukan gerakan push-up dasar saja. Gerakan ini dilakukan dengan posisi awal tidur tengkurap dengan posisi tangan di sisi samping badan. Kemudian, dorong badan ke atas dengan kekuatan kedua tangan. Jangan lupa, posisikan kaki dan badan tetap lurus. Kemudian, turunkan badan dengan tetap menjaga kondisi badan dan kaki tetap lurus. Tahan badan untuk tidak menyentuh lantai. Ulangi gerakan ini setidaknya 10 kali, dan tambahkan 5 kali gerakan supaya lebih terasa manfaatnya. 

Nah itulah beberapa gerakan yang bisa dilakukan sebelum atau sesudah kamu pulang kerja. Namun bila melakukan olahraga di atas masih terasa sulit, kamu bisa melakukan gerakan lainnya selama di kantor. Bagaimana gerakannya? Simak di bawah ini;

  • Memutar Engkel

Kamu bisa melakukan gerakan ini sambil duduk, dengan posisi kaki direnggangkan atau ditekuk di bawah kamu. Mulailah gerakan dari kanan dan kemudian diputar ke arah dalam. Gerakan memutar engkel ini bisa dilakukan selama 20 detik. Setelah itu putar balik ke arah luar. Lakukanlah gerakan yang sama di kaki yang lainnya. Kamu bisa melakukan gerakan ini sebanyak yang kamu inginkan. 
Melakukan peregangan kaki

Posisikan diri kamu untuk duduk di tepi kursi. Angkat salah satu kaki dengan membentuk sudut 90 derat dan sejajar dengan tubuh. Pastikan posisi duduk kamu tegak. Pegang kaki yang diangkat tersebut selama 10 sampai 20 detik. Setelah itu lakukan hal yang sama pada kaki yang lain. Ulangilah gerakan ini sebanyak 20 kali. Kamu bahkan dapat melakukan gerakan ini sambil bekerja. 

  • Lakukan Sit-up Perut

Kamu bisa melakukannya dengan duduk atau berdiri. Posisikan diri kamu dengan punggung lurus dan posisi bahu di belakang. Stabilkan napas, kencangkan otot perut dengan cara menarik perut kamu. Tahan posisi ini selama 5 detik. Setelah itu relaksasi selama 5 detik. Ulangi gerakan ini sebanyak yang diperlukan. Gerakan ini sangat berguna untuk membentuk otot perut impian. 

  • Spider Climb

Posisikan tangan kamu menempel ke dinding. Kemudian, lakukan gerakan naik turun dinding. Pastikan kamu menggerakkan lengan kamu sejauh yang kamu bisa. Setelah itu, gerakkan ke bawah serendah mungkin guna merenggangkan bukan hanya lengan, tapi juga jari-jari dan pergelangan kamu. Hal ini dapat membantu dalam melawan carpal tunnel syndrome dan juga nyeri apapun yang terjadi pada siku dan bahu. 

Nah itulah beberapa jenis olahraga yang bisa dilakukan untuk orang sibuk sekalipun. Sangat mudah bukan? Selamat mencoba. 

Baca Juga
var jumlah = 4

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Olahraga Untuk Kamu Yang Pemalas"

Post a comment