Inilah 7 Cara Mengubah Kebiasaan Hidup

Kebiasaan bukanlah sebuah hal yang mudah untuk diubah. Kamu mungkin pernah mengalaminya, bukan? Misalnya, kamu berniat untuk mengubah kebiasaan makanmu dengan yang lebih bergizi mulai besok. Hanya saja, kamu lupa bahwa besok merupakan hari super sibuk kamu sehingga tidak memiliki waktu untuk memikirkan makanan baik. 

Kebiasaan buruk
Image Source : https://pixabay.com/id/
Padahal, bila memang berniat mengganti kebiasaanmu untuk makan lebih baik, seharusnya perubahaan tersebut harus dipaksakan. Terkadang kita sering berpikir, “tidak apa gagal berubah hari ini, masih ada hari esok,” tapi mau sampai kapan? Untuk kamu yang memang selalu gagal mengubah kebiasaan buruk menjadi baik, ada beberapa cara sederhana yang bisa diterapkan. Apa saja?
  • Ubah kebiasaan buruk satu per satu, jangan sekaligus

Tidak ada orang yang sanggup untuk mengubah semua kebiasaan buruk sekaligus. Pasti akan berakhir dengan kegagalan. Jangan pernah memaksakan diri untuk melakukan hal di luar kemampuan. Bila kamu hanya sanggup mengubah satu kebiasaan dulu, maka fokuslah pada mengubah kebiasaan itu terlebih dulu. Lakukan secara perlahan. Jangan terlalu memaksakan diri karena sebuah kebiasaan terkadang dilakukan secara tidak sadar. Setelah kamu merasa tidak ada beban saat melakukan satu kebiasaan, maka lanjutkan untuk mengubah kebiasaan buruk yang lainnya.
  • Temukan pemicu dari kebiasaan buruk tersebut

Saat kamu menyadari suatu kebiasaan adalah kebiasaan buruk, maka cari tahu terlebih dahulu alasan dibaliknya. Misalnya, kebiasaan tidur kamu buruk karena sering begadang sampai pagi. Nah, cari tahu kenapa kamu sering begadang? Apakah karena banyak tugas kantor kah? Atau hanya iseng browsing internet? Sebelum kamu mengubah kebiasaan tidur menjadi lebih baik, ubah cari solusi dulu untuk masalah penyebab kebiasaan tidur burukmu itu. Setelah itu, jam tidur yang normal pun bisa kamu dapatkan dengan mudah.
  • Sebuah perubahan butuh komitmen

Saat kamu memiliki niat untuk mengubah kebiasaan, maka cobalah untuk berkomitmen untuk melakukan perubahan tersebut. Tuliskan langkah apa saja yang harus kamu lewati. Selain itu, kamu juga harus menargetkan kapan perubahan tersebut bisa terealisasi. Jalani saja setiap langkah yang sudah masuk daftar list kamu, jangan terpaku pada kesulitan yang akan kamu hadapi.
  • Usahakan untuk melakukan pola yang berbeda

Meski suatu kebiasaan membutuhkan pola yang sama, bukan berarti dalam praktiknya harus benar-benar dilakukan dengan sama. Kamu bisa menggunakan pola yang berbeda untuk menghindari suatu kecemasan yang sering muncul tanpa kontrol. Kebiasaan merupakan hal yang sering dilakukan dan biasanya hal ini bakal dilakukan secara tidak sadar tanpa ada dorongan dalam diri untuk melakukannya, atau yang disebut dengan autopilot. Dalam mode autopilot, orang tidak akan memfokuskan seluruh pikirannya pada apa yang mereka kerjakan. Kondisi ini menyebabkan seringnya kita memikirkan hal-hal lain saat kita melakukan suatu hal. Misalnya, saat makan, otak kita akan memikirkan cara pulang, pekerjaan yang menumpuk dan yang lainnya. Pikiran-pikiran tersebut akan menimbulkan suatu gangguan kecemasan. 

Supaya hal itu tidak terjadi, kamu bisa melakukan pola yang berbeda setiap hari. Contohnya saja, jika biasanya kamu menggunakan transporatasi umum untuk berangkat kantor, maka cobalah untuk menggunakan ojol. Dengan melakukan pola yang berbeda, maka secara tidak langsung kamu melatih otak untuk terbiasa menerima perubahan.
  • Bayangkan Alarm Visualisasi

Untuk memperingatkan diri agar tidak melakukan kebiasaan buruk, kamu bisa melakukan alarm visualisasi. Misalnya, bila kamu memiliki kebiasaan merokok, dan tidak bisa menghentikannya karena kamu sudah kecanduan. Maka, kamu bisa membayangkan bagaimana kamu terus merokok seumur hidupmu kemudian berakhir di ruangan rumah sakit untuk menjalani pemeriksaan penyakit komplikasi paru. Apakah itu yang kamu inginkan untuk masa depan?
  • Berikan Hadiah untuk dirimu sendiri

Banyak yang bilang, kebiasaan baru akan terbentuk bila dilakukan selama tiga minggu berturut-turut. Nah, setelah kamu berhasil melakukan kebiasaan baru tersebut selama tiga minggu berturut-turut, maka berikanlah hadiah kecil untuk dirimu. Apa hadiah yang pantas? Maka, hanya kamu yang tahu.
  • Jangan mudah untuk menyerah

Menyerah memang manusiawi. Namun untuk merubah kebiasaan lama, jangan sampai kamu menyerah di tengah jalan. Saat kata menyerah itu datang, kamu harus meyakinkan pada diri sendiri bahwa kamu bisa melakukannya. Ingat-ingat kembali motivasi kamu ingin merubah kebiasaan buruk tersebut. Kamu pun bisa meminta orang-orang terdekat untuk memberikan motivasi untuk dirimu. 

Itulah beberapa langkah sederhana yang bisa kamu lakukan untuk merubah kebiasaan buruk menjadi baik. Untuk memulainya mungkin agak sulit, bahkan saat proses perubahan pun kamu akan menemukan banyak kendala. Namun kamu harus ingat, ini dilakukan untuk masa depanmu. Dengan perubahan baik tersebut, maka banyak hal baik lainnya yang akan datang kepadamu. Untuk itulah, jangan menyerah dan terus berusaha. Tetapkan target di mana kamu harus sudah memiliki kebiasaan baru tersebut. Kamu pun bisa menulis list kemudahan yang akan kamu dapatkan saat kebiasaan baik tersebut sudah terwujud. Hal itu tidak lain untuk memotivasi kamu. Semoga berhasil.
 
Baca Juga
var jumlah = 4

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Inilah 7 Cara Mengubah Kebiasaan Hidup"

Post a Comment