6 Cara yang Bisa Diterapkan Supaya Laptop Baru Tetap Awet

Cara Merawat Laptop Dengan Baik Dan Benar

Laptop adalah benda penting yang menunjang kegiatan sehari-hari. Tidak heran bila laptop rusak, maka kegiatan harian kamu akan tersendat. Kamu tentu tidak ingin hal ini terjadi, bukan? Salah satu hal yang harus kamu lakukan adalah merawat laptop kamu. Merawat laptop dapat membuat umur laptop lebih panjang dan tidak rentan mengalami kerusakan. Tidak ada salahnya menaati beberapa tips di bawah ini untuk kebaikan laptop kamu, kah? Apa saja tipsnya? Simak ulasannya di bawah ini:

  • Hindari menyimpan laptop di atas kasur

Apakah kamu sering memainkan laptop sambil tiduran di atas kasur? Bila iya, maka hentikan kebiasaan kamu sekarang juga. Hal ini karena, saat laptop diletakkan di atas kasur, maka sirkulasi udara pada laptop kamu tidak akan berjalan dengan baik. Udara pembuangan dari dalam laptop akan sulit keluar karena tertahan oleh badan kasur. 

Jika dibiarkan, hal ini akan membuat udara panas pembuangan berputar balik ke arah laptop. Ya, bisa ditebak, komponen yang ada di dalam laptop menjadi lebih panas dari biasanya. Sangat parah bukan efeknya? Bila tidak ingin hal ini terjadi, hentikanlah kebiasaan tersebut sebelum terlambat. 

  • Angkatlah laptop saat sudah benar-benar mati

Kamu pasti sering membawa laptop dari satu tempat ke tempat lain dalam kondisi menyala. Mematikan laptop terlebih dahulu saat memindahkannya memang merepotkan. Terlebih, saat kita hanya memindahkan laptop ke tempat yang tidak jauh dari tempat sebelumnya. Namun tetap saja, hal ini harus dihindari. Sebab, laptop yang dalam keadaan menyala, harddisk-nya masih dalam kondisi bekerja. Dikhawatirkan, pinggiran dari harddisk tersebut tergores dan menyebabkan Bad Sector. 

  • Usahakan tetap membiarkan laptop terbuka setelah digunakan

Untuk perawatan yang satu ini pasti banyak yang tidak tahu. Kebanyakan dari orang akan langsung menutup laptop sesaat setelah digunakan. Padahal, hal ini cukup berisiko untuk LCD laptop. Bayangkan, saat laptop dalam keadaan hangat atau bahkan panas, kamu langsung menutup LCD laptopnya. Kebiasaan tersebut hanya akan membuat LCD rusak.

Akan tetapi hal ini tetap bisa dilakukan bila kamu bekerja di ruangan AC. AC biasanya membuat laptop tetap dalam keadaan dingin, sehingga saat kamu langsung menutup laptop setelah digunakan itu tidak masalah. Jika sebaliknya, sebaiknya tunggu dulu sampai laptop agak sedikit dingin, setelah itu baru tutup laptop. 

  • Jangan terlalu sering bermain game berat di laptop

Ada beberapa game berat yang benar-benar menguras energi laptop. Bila kamu memainkan game ringan seperti Zuma, itu tidak masalah. Akan tetapi jika kamu terlalu sering bermain game berat seperti GTA V, PES 2016, dan lainnya, maka mulai dari sekarang kurangilah kebiasaan kamu tersebut. Sebab, jika dilakukan terlalu lama dan terlalu sering, akan membuat laptop menjadi overheat dan membuat baterai laptop menjadi rusak/bocor. Terlebih jika laptop yang kamu gunakan bukanlah laptop gaming yang memang komponennya disiapkan untuk menghadapi kamu yang main game seharian. 

  • Pastikan laptop beristirahat

Saat kamu sudah menggunakan laptop, harap langsung matikan. Jangan sampai kamu membiarkan laptop dalam kondisi menyala sampai pagi. Hal ini tentu tidak baik bagi laptop. Laptop pun butuh istirahat. Jika digunakan terus-menerus tanpa istirahat, akan berdampak buruk untuk laptop kamu. Biasanya, laptop yang digunakan secara berlebihan akan mengalami overheat. 

  • Jangan biarkan debu nongkrong lama di laptop kamu

Kebersihan laptop terkadang diabaikan. Bahkan beberapa dari kamu mungkin lupa membersihkannya. Padahal kebersihan sebuah laptop merupakan hal yang wajib diperhatikan. Minimal, kamu membersihkannya dua minggu sekali. Semua debu yang menempel di laptop kamu harus disingkirkan. Sebab, kotoran tersebut dapat memperlambat kinerja laptop kamu. Tidak heran jika nantinya laptop kamu cepat panas. 

Ada banyak komponen yang harus kamu bersihkan supaya laptop selalu dalam keadaan prima. Misalnya, LCD, lubang sirkulasi udara, keyboard, dan baterai. Apabila kamu belum mahir membongkar pasang laptop, maka tidak apa jika hanya luarnya saja. Namun bila kamu sudah terbiasa bongkar pasang laptop, maka bisa membersihkan juga dalam laptopnya. 

Beberapa tips di atas memang terkesan ribet dan memakan banyak waktu. Hanya saja tips di atas diperuntukkan supaya laptop kamu selalu sehat dan tidak mengalami masalah. Bukankah sebuah pengorbanan dibutuhkan untuk sesuatu yang berakhir baik? Nah, tidak ada salahnya kamu menerapkan tips-tips di atas untuk kesehatan laptop kamu.

Apabila tidak bisa menerapkannya secara langsung, maka kamu bisa menerapkannya secara perlahan. Setelah satu tips kamu lakukan, maka giliran tips lainnya dilakukan secara pelan-pelan. Dengan begitu, semua tips bisa kamu lakukan meski membutuhkan waktu lama. Ingat, bila laptop rusak, kamu sendiri yang akan repot. Untuk itu, lebih baik mencegah sebelum terjadi kerusakan dibanding memperbaikinya. Semoga tips di atas membantu kamu dan selamat mencoba tips-tipsnya. 

Baca Juga
var jumlah = 4

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "6 Cara yang Bisa Diterapkan Supaya Laptop Baru Tetap Awet"

Post a comment