Sejarah terjadinya perang Blok barat dan Blok Timur




3. Jelaskan awal terjadinya persaingan antara pihak sekutu yang kemudian berkembang menjadi pertikaian antar ideologi hingga menyebabkan ketegangan !
Awal terjadinya persaingan disebabkan karena masing-masing negara memiliki suatu perbedaan faham ideologi ( USA yang Liberalis-Kapitalis dan Uni Soviet yang Sosialis-Komunis ), adanya keinginan untuk berkuasa terhadap negara-negara di dunia, adanya persaingan militer dan pembentukan Pakta Pertahanan yang kedua negara bentuk hingga terjadinya ketegangan antara kedua negara adidaya tersebut ”.

4. Mengapa hubungan yang terjadi disaat suasana Perang Dingin hanya bersifat Wilayah Timur dan Barat ?
Karena situasi tersebut pada suasana perang dingin dimana negara-negara besar yang muncul sebagai kekuatan berpengaruh sehingga negara tersebut mewakili negara-negara lainnya dan mewakili wilayah lain seperti hanya terpokus pada wilayah Blok Barat dan wilayah Blok Timur sehingga hubungan internasionalnya hanya sebatas hubungan wilayah Timur dan Barat.

5. Program apa saja yang di canangkan Pihak USA di Blok Barat untuk membendung meluasnya pengaruh komunis Uni Soviet di Bidang Politik dan ekonomi ?
Program yang di canangkan pihak USA dalam strategi politik dan ekonominya yang bertujuan membendung pengaruh komunis Uni Soviet tersebut berupa sebuah kebijakan pemberian bantuan perekonomian dan militer serta kerjasama yaitu adanya program Marshall Plan, Doktrin Truman, Point Four Truman dan Colombo Plan.

6. Apakah yang menjadi dasar Uni Soviet untuk menyaingi / mengimbangi USA hingga terjadi ketegangan antara kedua negara adidaya tersebut ?
Yang mendasari Uni Soviet untuk mengimbangi Amerika Serikat yaitu Uni Soviet mengnanggap USA mendominasi sekutu sehingga pihaknya mengimbangi pengaruh USA dengan memiliki tujuan untuk mengkomuniskan dunia dimana berusaha dengan memberikan bantuan ekonomi berupa Molotov Plan yang berusaha untuk menata kembali perekonomianya negara-negara Eropa Timur agar negara tersebut berada dalam pengaruhnya yang komunis sehingga Uni Soviet berupaya menanamkan pengaruh ideologinya terhadap negara-negara di dunia.

7. Disaat Perang Dingin terbagi kedalam Era waktu berlangsungnya coba jelaskan pembagian Era dan Waktu berlangsungnya Perang dingin tersebut secara singkat?
Pembagian era waktu berlangsungnya perang dingin tersebut terbagi kedalam tahap awal dan akhir yaitu sebagaimana dapat di kelompokan seperti :
- Era pertama di mulai tahun 1947-1953.
- Era kedua dimulai tahun 1953-1962.
- Era ketiga di mulai tahun 1962-1979.
- Era keempat di mulai tahun 1979-1985.
- Era kelima di mulai tahun 1985-1991 sampai terjadinya penyatuan Jerman dan Uni Soviet mengalami keruntuhan.

8. Apakah dampak perang Dunia II ( 1939-1945 ) di bidang politik hingga menyebabkan terjadinya persaingan antara negara sekutu hingga pecahnya Perang dingin !

Dampak politik yaitu lahirnya sekutu yang kemudian memunculkan dua negara yaitu Amerika Serikat dan Uni Soviet yang memiliki paham yang berlawanan liberlisme-kapitalisme vs sosialis-komunis yang kemudian masing-masing membentuk pakta pertahanan untuk saling mengimbangi kekuatan para pesaingnya dengan berdirinya pakta pertahanan tersebut menimbulkan saling curiga dan perlombaan persenjataan antara kedua belah pihak sehingga menimbulkan pecahnya perang dingin.

9. Dalam situasi dan kondisi perang dingin di warnai aktifitas dan kegiatan-kegiatan untuk saling memperebutkan pengaruh, coba kemukakan kegiatan apa saja yang di lakukan di saat perang dingin !

Kegiatan-kegiatan dalam aktifitas perang dingin tersebut yaitu terjadinya perebutan Hegemoni / kekuasaan, adanya sistem alliansi / persekutuan mencari kawan, adanya kegiatan mata-mata sebagai agen intelejen ( Spionase) yaitu agen CIA dan agen KGB, adanya perlombaan teknologi persenjataan di Luar angkasa.

10. Mengapa USA dan Uni Soviet muncul sebagai kekuatan besar hingga berpengaruh pada dunia dan para sekutu-sekutunya tersebut jelaskan !

Karena negara tersebut berperan dalam kemenangan Blok Sekutu dalam mengakhiri perang Dunia II di tahun 1939-1945 yang mengahancurkan negara yang tergabung kedalam Blok Alliansi Sentral ( Jepang, Jerman dan Italia ) di samping kedua nya membantu memulihkan perekonomian dan pembangunan serta pembebasan Eropa dari kekuatan tentara Jerman.

11. Apakah akibat positifnya dari terjadinya Perang Dingin bagi peran Indonesia
di kancah Internasional dan regional, Jelaskan mengapa demikian ?

akibat positif dari terjadinya Perang Dingin bagi Indonesia yaitu Indonesia mempunyai pandangan politik yang aktif dan membangkitkan jiwa nasionalismenya dimana Indonesia menjadi salah satu yang berperan dalam terjadinya hubungan internasional Asia-Afrika melalui KAA dan Gerakan Non Blok disamping bersifat internasional juga Indonesia menjadi tokoh penggagas terbentuknya Organisasi ASEAN regional bagi kawasan Asia Tenggara sehingga Indonesia dinilai negara lain sebagai negara yang yang berandil besar dalam melerai konflik-konflik yang terjadi.
12. Bagaimana dampak perang dingin tersebut bagi sebagian Asia Tenggara hingga mengancam stabilitas keamanan dunia dan kawasan lainnya, jelaskan dampak tersebut !
Dampak terhadap kawasan Asia Tenggara yaitu terjadinya konflik di Vietnam dimana terjadinya perang Vietnam yang menganut faham komunis sehingga mengancam keamanan dan stabilitas negara-negara di kawasan Asia Tenggara termasuk Indonesia ketakutannya pengaruh komunis meluas ke negara-negara lainnya.
13. Apa yang di lakukan pihak Indonesia dalam mengatasi konflik tersebut dimana terdapat Blok Barat dan Blok Timur hingga kedua Blok tersebut mengurangi ketegangan, jelaskan peran Indonesia dalam membendung pengaruh tersebut !
Yang dilakukan Indonesia untuk membendung pengaruh Blok Barat dan Blok Timur tersebut Indonesia berupaya menjalin kerjasama dengan negara-negara Asia-Afrika melalui Konferensi Asia Afrika di Bandung di Bulan April 1955 dan negara-negara di kawasan regional Asia Tenggara melalui kerjasama ASEAN.