Contoh menentukan Gagasan Utama dari suatu Bacaan


Disini sobat akan berlatih dalam menentukan Gagasan Utama dari  suatu teks Bacaan, silahkan dipelajari :

1.      Provinsi Daerah istimewah Jogyakarta memiliki banyak julukaan. Salah satunya sebagai kota pariwisata julukan  yang diberikan kepada Provinsi Daerah istimewah Jogyakarta tersebut tentu bukan tanpa alasan. Provinsi DIY merupakan tujuan wisata terbesar kedua setelah Bali. Berbagai jenis objek wisata di kembangkan di Provinsi ini.

Gagasan utama : Provinsi Daerah istimewah Jogyakarta memiliki banyak julukaan.

2.      Demokrasi kita masih transisi sehingga banyak menimbulkan persoalan. Bermacam persoalan merugikan warga. Namun semua itu masih bisa dianggap wajar asal jangan keblabasan sehingga menimbulkan kesan kacau. Unjuk rasa disertai kekerasan terjadi minggu kemarin di kota.

Gagasan utama : Demokrasi kita masih transisi sehingga banyak menimbulkan persoalan.

3.      Kenaikan BBM yang begitu tinggi mengagetkan masyarakat bawah.  Sejumlah pengamat menilai kenaikan itu sangat tidak krasional dan terburu-buru . Menurut mereka alasan pemerintah soal kebijaksanaan itu merupakan pembohongan publik.

Gagasan utaman: Kenaikan BBM yang begitu tinggi mengagetkan masyarakat bawah.


4.      Secara umum daratan Papua terbagi atas 3 kelompok. Daratan bagian utara berupa daratan rendah yang sempit dan berbukit. Bagian tengah merupakan hamparan pegunungan dengan puncaknya tertutup salju. Bagian selatan mulai dari wilayah bagian tengah sampai wilayah pesisir pantai berupa daratan rendah yang luas dan rawa pasang surut.

Gagasan utama : Secara umum daratan Papua terbagi atas 3 kelompok.

5.      Provinsi Daerah Istimewah Yogyakarta memiliki beragam daerah tujuan wisata. Tujuan wisata tersebut antara lain wisata alam, budaya dan sejarah.Berbagai tujuan wisata tersebut tentu dapat menjadi sumber pendapatan bagi daerah.

Gagasan utama : Provinsi Daerah Istimewah Yogyakarta memiliki beragam daerah tujuan wisata.

6.      Sebenarnya flashdisk dan disket  memiliki fungsi yang sama, hanya saja flashdisk biasanya memiliki kapasitas penyimpanan yang jauh lebih besar dibanding disket. Jika sebuah disket hanya mampu menyimpan data sebesar 1,44mb , sebuah flashdisk mampu menyimpan data  mulai 32mb sampai dengan 2gb, tergantung pada berapa kapasitasnya.

Gagasan utama : Sebenarnya flashdisk dan disket  memiliki fungsi yang sama, hanya saja flashdisk biasanya memiliki kapasitas penyimpanan yang jauh lebih besar dibanding disket.

7.      Manusia berkomunikasi antar sesamanya karena mereka saling membutuhkan. Individu yang satu berhubungan dengan yang lain dengan bahasa dan membentuk satu kesatuan yang di sebut masyarakat. Masyarakat itu dapat berkembang karena adanya komunikasi yang mengandung informasi. Dengan demikian, tercipta kerja sama antar individu itu. Di sini dalam pembentukan masyarakat itu, bahasa memainkan peranan yang penting. Tanpa bahasa tak ada masyarakat demikian juga sebaliknya.

Gagasan utama : Manusia berkomunikasi antar sesamanya karena mereka saling membutuhkan.

8.      Begitu banyak manusia menerima kenikmatan dari Allah SWT hingga manusia tidak akan pernah bisa menghitungnya. Oleh karena itu, sepantasnyalah manusia selalu banyak mengucap rasa syukur. Singkat kata, segala macam yang Allah SWT karuniakan kepada kita, gunakanlah di jalan Allah SWT dan memberikan manfaat yang sebesar-besarnya bagi umat.

Gagasan utama : Begitu banyak manusia menerima kenikmatan dari AllahSWT hingga manusia tidak akan pernah bisa menghitungnya.


9.      Udara sangat dingin. Termometer yang menempel di ruang tamu tepat menunjukan pada angka sembilan belas derajat celsius. Meski jam dinding menunjukan pukul 7 pagi, namun embun masih bergelantungan pada pucuk-pucuk daun. Matahari juga masih bersembunyi di balik awan. Udara dingin terasa menusuk nusuk tulang.

Gagasan utama : Udara sangat dingin.

10.  Terumbu karang di perairan Indonesia terancam kelestariannya. Kerusakan terumbu karang terjadi karena penggunaan bahan peledak oleh nelayan. Selain itu limbah dari industri dan hotel mencemari laut. Pencemaranini merusak terumbu karang.

Gagasan utama : Terumbu karang di perairan Indonesia terancam kelestariannya.


EmoticonEmoticon