Alasan Mengapa Musik Keroncong Tidak Diminati Kalangan Muda



1. Mengapa Musik Keroncong Tidak Diminati Kalangan Muda?
Minat kalangan muda pada genre musik keroncong rendah. Dari sekian banyak stasiun televise di Tanah Air sangat sedikit yang memiliki acara music keroncong. Hanya TVRI dan beberapa stasiun televise local. Lebih lanjut jika ditilik para penikmatnya adalah para kalangan sepuh. Sangat sedikit bahkan cenderung tidak ada kalangan muda yang mau menikmatinya. Gambaran tersebut merupakan fakta tentang betapa marginalnya Musik Keroncong di kalangan muda
2. mengapa itu bisa terjadi ?
Musik keroncong merupakan musik Indonesia dalam kepribadiannya yang utuh. Walaupun sejarahnya berasal dari Barat yaitu musik rakyat Portugis pada abad XVII, namun dalam perjalanan sejarahnya telah diolah sedemikian rupa oleh para seniman Indonesia sehingga tidak lagi menjadi budaya asalnya, tetapi telah menemukan konteksnya yang baru dalam alam lingkungan budaya Indonesia. Asal kata keroncong sendiri sangat kabur karena adanya beberapa pendapat yang berlainan. Menurut Harmunah, Keroncong adalah terjemahan bunyi alat musik Ukulele yang dimainkan secara arpegio (rasqueado-Spanyol), dan menimbulkan bunyi: crong, crong, akhirnya timbul istilah “Keroncong” (1987: 9)
Musik keroncong merupakan salah satu genre musik yang berkembang di Indonesia. Sebagai sebuah genre musik, keroncong memiliki kehasan dalam banyak hal. Mulai dari alat yang digunakan, alat musik keroncong memiliki keunikan berbeda dibanding dengan alat-alat musik band yang berkembang di kalangan muda. Cara memainkan alat-alat musik tersebut juga memiliki karakteristik permainan yang khas. Pembawaan vokal ternyata juga memiliki corak tersendiri yang berbeda dengan vokal musik populer. Bila dilihat secara detail kekhasan yang ada pada musik keroncong akan tampak sangat banyak. Namun secara menyeluruh kekhasan musik keroncong bisa dikelompokkan dalam beberapa segi, yaitu tampak pada: bentuk, harmoni, ritme, jenis alat musik yang digunakan, dan pembawaan. (Harmunah. 1987: 16).Tidak bisa dipungkiri mengikuti perkembangan musik di tanah air ternyata musik keroncong merupakan salah satu musik yang digemari, terutama di kalangan orang-orang tua dan jarang sekali para remaja (Harmunah. 1987: 7)

Jadi, dengan adaya permasalahan dlm music keroncong ini tentunya kita bisa mengatasi permasalahan ini dg cara kita bisa dapat mengembangkan music keroncong di berbagai daerah, bisa dimulai dari :
1.    Memberikan perhatian kepada pengembangan music ini.
2.    Mendekati para kalangan muda dg cara mengajak, memainkan music/lagu mereka dg irama keroncong.
3.    Memancing dan menfasilitasi tumbuhnya kelompok baru utamanya dari kalangan muda.


EmoticonEmoticon