Konsep Pendidikan Jasmani dan Olaraga di Indonesia



Pengembangan Konsep Pendidikan Jasmani dan Olaraga
Terdapat perbedaan pendapat mengenai pengertian olaraga dan pendidikan jasmani yang digunakan di Indonesia.olaraga dan jasmani adalah istilah yang mempunyai satu pengertian yang sama,berbeda pada intensitasnya.Oleh karena itu akan dideskripsikan beberapa istilah yang akan digunakandi indonesia serta perbedaan konsep antara olaraga dan pendidikan jasmanidengan membahas konsep games dan sport.
Istilah lain dalam pendidikan jasmani meliputi pendidikan gerak , ilmu gerak , pendidikan olaraga , ilmu – ilmu fisik terapan , pendidikan montorik serta pendidikan jasmani dan olaraga. Pengertian keolaragaan , olaraga dan pendidikan jasmani yang merupakan satu pengertian yang sama ruang lingkupnya dengan phycical edication and sport yang dinyatakan dalam internasonal charte of physical and sport dari UNESCO.
Olaraga merupakan terjemahan dari bahasa inggris sport , sedangkan pendidikan jasmani berasal dari physical education. Olaraga yang ada diluar pendidikan yang berorentasi pada peningkatan prestasi melalui pertandingan dan perlombaan untuk dapat membedakan pengertian olaraga dan pendidikan jasmani. Karena dalam pengertian jasmani mengandung unsur bermain dan olaraga.
Dari uraian materi dan tujuan yang akan dicapai oleh modul ini,tampak bahwa modul ini memiliki arti dan fungsi penting dalam upaya membentuk kompetensi guru pendidikan jasmani.

PENGERTIAN PENDIDIKAN JASMANI
Nixom dan Cozenz mengemukaan pendidikan jasmani adalah pase dari proses pendidikan keseluruan yang berhubungan dengan aktifitas berat yang mencakup sistem, otot serta hasil belajar dari partisipasi aktivitas tersebut. Volter dan Eslinger pendidikan jasmani adalah pase pendidikan melalui aktivitas fisik. Dengan berpartisipasi dalam program pendidikan jasmani akan bermanfaat :
Memperbaiki tingkat kesehatan jasmani.
Memberikan dasar keterampilan yang akan membuat bekerja.
Sebagai pendidikan sosial yang akan memberikan sumbangan pada pembentukan karakter.
Belanda menggunakan istilah gyzanien yaitu latihan,berlatih dan pasivum artinya melatih diri. Gynologi adalahilmu yang menelaah aksi montorik dalam ruang lingkup pendidikan dan pembentukan.
Pendidikan jasmani mempunyai kedua komponen bermain dan olaraga , tetapi tidak harus keduanya,
Pendidikan jasmani adalah aktivitas fisik yang mempunyai tujuan pendidikan. Bidang – bidang lain yang berkaitan erat dengan pendidikan jasmani adalah kesehatan , rekreasi dan lari.
PENGERTIAN OLARAGA
Olaraga menurut webster`s new collegiate dictionary yaitu ikut seta dalam aktivitas fisik untuk mendapat kesenangan dan aktivitas khusus seperti berburu atau dalam olaraga pertandingan.
Ciri Hakiki Dalam Olaraga

Olaraga merupakan sebagian dari permainan
Ciri khas didalam olaraga
Olaraga sebagaisebuah realitas
Prinsip prestasi dalam Olaraga
Aspeksosial dalam Olaraga

Ciri – ciri pelengkap dari Olaraga
Analisis tentang ciri hakiki olaraga dapat dilakukan berdasarkan
Tujuan
Alat yang dipakai untuk mencapai tujuan
Peraturan
Keterlaksanaan berdasarkan kemampuan yang berorentasi pada jasmani atau keterampilan
Sikap si pelaku
Mengapa hal seperti itu terjadi ? alasan utama yaitu , bahwa sulit bagi kita untuk memagar batas olaraga dengan aspek lainnya dalam kehidupan bermasyarakat.
BERMAIN GAMES DAN SPORT

Karakteristik bermain ( play ) meliputi :
Bebas , sukarela , tanpa paksaan dalam berpartisipasi
Aktivitas bermain terpisah dari pembatasan ruang dan waktu
Hasil dari aktivitas bermain adalah sesuatu yang tidak diketahui / tidak direncanakan sebelumnya.
Hanya murni aktivitas saja dan tidak produktif, tidak menghasilkan nilai permanen
Peraturan bermain tergantung pada kondisi tunduk pada kesepakatan situasional
Kualitas bermain merupakan bagian kehidupan nyata/ sehari – hari

Karakteristik Games 

Games merupakan bagian dari bermain ( play ). Games memiliki karakteristik yang ada pada bermain ( play ).
Olaraga sport merupakan bagian dari permainan pertandingan .
Menurut Ateng ada berbagai sebab mengapa orang melakukan olaraga :
Penyesuaian terhadap lingkungan hidup sendiri.
Penyesuaian Geofisika
Penyesuaian harapan
Peniruan bintang lapangan
Penyesuan kedalam lingkungan


PLAY , Karakteristik :
Terpisah
Bebas
Tidak tentu
Tidak produktif
Ditentukan dengan peraturan yang sifatnya tidak ketat
GAMES ,Karakteristik :
Ada kompetensi
Hasil ditentukan oleh keterampilan fisik ,dan kesepakatan

Konsep olaraga menurut Loy ,dalam Chu
Bermain ( play ) mempunyai sifat esensial adalah aktivitas untuk hiburan tidak dipertandingkan .Olaraga adalah suatu permainan yang diorganisasikan.
Baca Juga
var jumlah = 4

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Konsep Pendidikan Jasmani dan Olaraga di Indonesia"

Post a Comment