Konsep Pendidikan Jasmani dan Olaraga di Indonesia
Pengembangan Konsep
Pendidikan Jasmani dan Olaraga
Terdapat perbedaan
pendapat mengenai pengertian olaraga dan pendidikan jasmani yang digunakan di Indonesia.olaraga
dan jasmani adalah istilah yang mempunyai satu pengertian yang sama,berbeda
pada intensitasnya.Oleh karena itu akan dideskripsikan beberapa istilah yang
akan digunakandi indonesia serta perbedaan konsep antara olaraga dan pendidikan
jasmanidengan membahas konsep games dan sport.
Istilah lain dalam
pendidikan jasmani meliputi pendidikan gerak , ilmu gerak , pendidikan olaraga
, ilmu – ilmu fisik terapan , pendidikan montorik serta pendidikan jasmani dan
olaraga. Pengertian keolaragaan , olaraga dan pendidikan jasmani yang merupakan
satu pengertian yang sama ruang lingkupnya dengan phycical edication and sport
yang dinyatakan dalam internasonal charte of physical and sport dari UNESCO.
Olaraga merupakan
terjemahan dari bahasa inggris sport , sedangkan pendidikan jasmani berasal
dari physical education. Olaraga yang ada diluar pendidikan yang berorentasi
pada peningkatan prestasi melalui pertandingan dan perlombaan untuk dapat
membedakan pengertian olaraga dan pendidikan jasmani. Karena dalam pengertian
jasmani mengandung unsur bermain dan olaraga.
Dari uraian materi
dan tujuan yang akan dicapai oleh modul ini,tampak bahwa modul ini memiliki
arti dan fungsi penting dalam upaya membentuk kompetensi guru pendidikan
jasmani.
PENGERTIAN
PENDIDIKAN JASMANI
Nixom dan Cozenz
mengemukaan pendidikan jasmani adalah pase dari proses pendidikan keseluruan
yang berhubungan dengan aktifitas berat yang mencakup sistem, otot serta hasil
belajar dari partisipasi aktivitas tersebut. Volter dan Eslinger pendidikan
jasmani adalah pase pendidikan melalui aktivitas fisik. Dengan berpartisipasi
dalam program pendidikan jasmani akan bermanfaat :
Memperbaiki tingkat
kesehatan jasmani.
Memberikan dasar
keterampilan yang akan membuat bekerja.
Sebagai pendidikan
sosial yang akan memberikan sumbangan pada pembentukan karakter.
Belanda menggunakan
istilah gyzanien yaitu latihan,berlatih dan pasivum artinya melatih diri.
Gynologi adalahilmu yang menelaah aksi montorik dalam ruang lingkup pendidikan
dan pembentukan.
Pendidikan jasmani
mempunyai kedua komponen bermain dan olaraga , tetapi tidak harus keduanya,
Pendidikan jasmani
adalah aktivitas fisik yang mempunyai tujuan pendidikan. Bidang – bidang lain
yang berkaitan erat dengan pendidikan jasmani adalah kesehatan , rekreasi dan
lari.
PENGERTIAN OLARAGA
Olaraga menurut
webster`s new collegiate dictionary yaitu ikut seta dalam
aktivitas fisik untuk mendapat kesenangan dan aktivitas khusus seperti berburu
atau dalam olaraga pertandingan.
Ciri Hakiki Dalam
Olaraga
Olaraga merupakan
sebagian dari permainan
Ciri khas didalam
olaraga
Olaraga
sebagaisebuah realitas
Prinsip prestasi
dalam Olaraga
Aspeksosial dalam
Olaraga
Ciri – ciri
pelengkap dari Olaraga
Analisis tentang
ciri hakiki olaraga dapat dilakukan berdasarkan
Tujuan
Alat yang dipakai
untuk mencapai tujuan
Peraturan
Keterlaksanaan
berdasarkan kemampuan yang berorentasi pada jasmani atau keterampilan
Sikap si pelaku
Mengapa hal seperti
itu terjadi ? alasan utama yaitu , bahwa sulit bagi kita untuk memagar batas
olaraga dengan aspek lainnya dalam kehidupan bermasyarakat.
BERMAIN GAMES DAN
SPORT
Karakteristik
bermain ( play ) meliputi :
Bebas , sukarela ,
tanpa paksaan dalam berpartisipasi
Aktivitas bermain
terpisah dari pembatasan ruang dan waktu
Hasil dari
aktivitas bermain adalah sesuatu yang tidak diketahui / tidak direncanakan
sebelumnya.
Hanya murni
aktivitas saja dan tidak produktif, tidak menghasilkan nilai permanen
Peraturan bermain
tergantung pada kondisi tunduk pada kesepakatan situasional
Kualitas bermain
merupakan bagian kehidupan nyata/ sehari – hari
Karakteristik
Games
Games merupakan
bagian dari bermain ( play ). Games memiliki karakteristik yang ada pada
bermain ( play ).
Olaraga sport
merupakan bagian dari permainan pertandingan .
Menurut Ateng ada
berbagai sebab mengapa orang melakukan olaraga :
Penyesuaian
terhadap lingkungan hidup sendiri.
Penyesuaian
Geofisika
Penyesuaian harapan
Peniruan bintang
lapangan
Penyesuan kedalam
lingkungan
PLAY ,
Karakteristik :
Terpisah
Bebas
Tidak tentu
Tidak produktif
Ditentukan dengan
peraturan yang sifatnya tidak ketat
GAMES
,Karakteristik :
Ada kompetensi
Hasil ditentukan
oleh keterampilan fisik ,dan kesepakatan
Konsep olaraga menurut
Loy ,dalam Chu
Bermain ( play )
mempunyai sifat esensial adalah aktivitas untuk hiburan tidak dipertandingkan
.Olaraga adalah suatu permainan yang diorganisasikan.
var jumlah = 4
0 Response to "Konsep Pendidikan Jasmani dan Olaraga di Indonesia"
Post a Comment