Sistematika Langkah Penulisan Karya Ilmiah Sederhana


Bagaimana sistematika langkah Penulisan Karya Ilmiah yang sederhana..?, atau bagaimana langkah-langkah menulis Karya Ilmiah yang sederhana..?, disini saya akan membagikan jawaban atas pertanyaan diatas… berikut ini..
Karya tulis adalah karangan ilmiah yang biasanya disusun oleh siswa dan mahasiswa. Karya tulis tersebut dapat disusun untuk memenuhi sebagian dari syarat menyelesaikan jenjang sekolah atau mata kuliah, atau untuk membahas suatu masalah walaupun tidak secara mendalam, dan biasanya berupa kajian pustaka.
Selain itu, karya tulis bisa juga merupakan suatu tulisan yang berisi hasil penelitian lapangan (kecil-kecilan). Oleh karena itu, isi sebuah karya tulis dapat berupa hasil pengamatan atau pemecahan masalah. Sebagai Karya Ilmiah, karya tulis harus memenuhi syarat berikut ini:
1. Mengandung suatu masalah beserta pemecahannya.
2. Masalah yang dikemukakan objektif, sesuai kenyataan, bukan hasil imajinasi.
3. Karangan disusun menurut metode tertentu sehingga dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.
4. Karangan harus lengkap, semua yang berhubungan dengan masalah harus dikemukakan dan dilengkapi dengan kajian teori dari beberapa buku atau sumber lain (koran atau internet).
5. Karangan dikemukakan dengan nalar yang sehat.
6. Karangan disusun menurut sistem tertentu, mudah dimengerti, dan berkesinambungan.
7. Bahasa yang digunakan tidak menimbulkan penafsiran ganda, harus jelas, dan mudah dipahami. Ada pun berikut ini tahap-tahap penulisan karya tulis.
1. Pemilihan naskah/pembatasan topik
2. Pengumpulan bahan
3. Penyusunan kerangka tulisan
4. Pengembangan kerangka
5. Memperbaiki isi
6. Memperbaiki bahasa
Kerangka karya tulis ilmiah minimal terdiri atas tiga bagian, yaitu
pendahuluan, isi, dan penutup.
1. Pendahuluan, mengutarakan perumusan dan penjelasan masalah. Yang penting pada bagian ini yaitu latar belakang masalah, perumusan masalah, tujuan, dan sistematika penulisan.
2. Isi, merupakan badan karangan yang disebut penguraian. Bab ini memuat segala penjelasan mengenai tiap segi secara rinci.
3. Penutup terdiri dari simpulan dan saran. Simpulan memuat hal-hal yang telah diuraikan pada bab isi dan saran berisi sesuatu yang hendak disampaikan kepada pihak-pihak tertentu berkenaan dengan materi pembahasan. Untuk melengkapi kajian teori dalam karya tulis, sobat perlu banyak membaca buku-buku (literatur) yang dapat mendukung karya tulis sobat tersebut. Jika sobat mengalami kesulitan dalam menemukan suatu istilah atau nama tertentu dalam sebuah buku, sobat dapat memanfaatkan halaman indeks yang ada di dalam buku tersebut.


EmoticonEmoticon