Penjelasan SORTASI secara lengkap



SORTASI
Tujuan utama sortasi adalah untuk mengoptimalkan kegunaannya untuk tugas-tugas tertentu. Sortasisortasi merupakan pemisahan makanan ke dalam kategori berdasarkansebuah fisik yang dapat di ukur property atau proses pengklasifikasian bahab berdasarkan sifat fisiknya. Hampir semua produk makanan melewati tahappenyortiran. Terdapat beberapa manfaat, termasuk kebutuhan penyortiran unitberdasarkan operasi berat dan pengisian dan keuntungan estetika danberbagai keuntungan pemasaran yang menyediakan berbagai jenis ataupunwarna yang berbeda. contohnya seperti membersihkan dan menyortir harusdigunakan sebaik mungkin untuk memastikan suatu produk pengolahanpangan.Keempat sifat fisik yang terdapat dalam pemisahan makanan atausortasi adalah berat, ukuran, bentuk dan warna
.a.Sortasi berdasarkan beratBerat adalah metode yang paling tepat dari penyortiran karena tidak tergantung pada geometri produk. Telur, buah atau sayuran dapat dipisahkanmenjadi kategori berat dengan menggunakan pegas atau alat elektronik pengukur berat. Kerugian dari sortasi berdasarkan berat adalahdibutuhkannya banyak waktu untuk menyortasi suatu unit dan metode yanglain lebih tepat dengan item lebih kecil seperti sereal ataupun polong
.b.Sortasi berdasarkan ukuranSortasi berdasarkan ukuran kurang tepat daripada sortasi berdasarkanberat tapi biayanya jauh lebih murah. Ukuran dan bentuk unit makanan sulituntuk ditentukan secara pasti. Bentuk dan ukuran menyortir ukuran partikelukuran partikel distribusi bahan yang dinyatakan sebagai salah satu fraksimassa materi yang dipertahankan pada setiap saringan atau presentasekumulatif bahan.c.

Sortasi berdasarkan bentuk Sortasi bentuk berguna dalam kasus dimana unit makananterkontaminasi dengan partikel dengan ukuran hampir sama ukuran danberatnya. Hal ini berlaku untuk gabah yang mungkin berisi biji lainnya.d.

Sortasi berdasarkan warnaPenyortiran warna masih digunakan tetapi semakin mahal tenaga kerjabaik biaya, pelatihan operator dan ruang yang diperlukan untuk menyortir4able.



Tujuan sortasi dan grading :

Memperoleh kualitas yang lebih baik dan seragam (baik bahan mentahmaupun produk yang dihasilkan)

Memberikan standarisasi dan perbaikan cara pengolahannya.

Menawarkan beberapa kualitas kepada konsumen dengan harga yangsesuai dengan kualitasnya




EmoticonEmoticon