Pengertian Sosiologi dan Penafsirannya


Sobat, kali ini saya akan membagikan ilmu tentang Ilmu Pengetahuan Sosial, tepatnya pengertian Sosiologi dan juga penafsirannya dari beberapa tokoh, berikut ini :

PENGERTIAN SOSIOLOGI

Sosiologi Secara bahasa, kata Sosiologi berasal dari dua buah kata,yakni“socius”yang artinya teman atau kawan yang selanjutnya diartikan sebagai masyarakat, kata ini  berasal dari bahsa Romawi.
Dan kata kedua adalah “logos” diambil dari bahsa Yunani yang artinya ilmu. Jadi, menurut arti yang disimpulkan oleh Aguste Comteini adalah sebuah ilmu pengetahuan yang mempelajari hubungan antar teman atau antar anggota masyarakat, atau lebih populer dengan sebutan sebagai ilmu pengetahuan tentang masyarakat. selain itu, perlukiranya kita menanggapi pendapaat lain tentang penafsiran dari makna kata “Sosiologi ”menurut beberapa tokoh berikut ini:
1.      Adam Kuper, Sosiologi adalah sebuah ilmu pengetahuan yang fokusnya mempelajari masyarakat
2.      Pitirin Sorokin, Sosiologi adalah suatu ilmu yang mempelajari hubungan dan pengaruh timbal balik antara aneka macam gejala ekonomi dengan agama, keluarga dengan moral, hukum dengan ekonomi, gerak masyarakat dengan politik dan sebagainya.
3.      Selo Soemardjan dan Soelaeman Soemardi, Sosiologi adalah ilmu yang mempelajari struktursocial dan proses-proses social termasuk perubahan – perubahan social.
4.      Nursed Sumaatmaja, Sosiologi adalah ilmu pengetahuan tentang relasi – relasi social yang menggambarkan bahwa manusia itu memang makhluk social yang aktif berinteraksi dan dapat saling mempengaruhi.
Antropologi Secara etimologi, istilah antrologi berasal dari dua buah kata, yakni kata“ anthropos” artinya manusia (bahasaRomawi) dan kata “logos” artinya ilmu (bahasaYunani). Jadi, singkatnya antropologi bermakna ilmu tentang manusia. Selain itu, secara istilah terdapat beberapa perbedaan penafsiran, salah satunya menyimpulkan bahwa antropologi adalah salah satu cabang ilmu social yang mempelajari tentang budaya masyarakat suatu etnis tertentu. Sedangkan pendapat lain, diantaranya:
a.       Ruth Benedict, Antropologi adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari umat manusia sebagai makhluk masyarakat.
b.      Koentjanraningrat, antropologi ialah ilmu yang mempelajari makhluk antropos/ manusia dan merupakan paduan dari beberapa ilmu yang  masing-masing mempelajari masalah-masalah khusus mengenai makhluk manusia.
c.       Willian A.Havilland, antropologi ialah suatu studi tentang manusia yang berusaha menyusun generalisasi yang bermanfa’at tentang manusia dan perilakunya, serta untuk memperoleh pengertian yang lengkap tentang keanekaragaman manusia.
d.      Ariyono Suyono, antropologi adalah suatu ilmu yang berusaha mencapai pengertian tentang makhluk manusia dengan mempelajari aneka warna bentuk fisik kepribadian, masyarakat dankebudayaannya. Jika kita coba simpulkan, maka dapat diambil ibrah bahwa Antropologi adalah sebuah ilmu pengetahuan yang mempelajari makhluk manusia, baik dari segi fisik/biologi smaupun segisosio budaya.
Oh ya, kalo mau Coppas artikel ini jangan lupa dikasih sumber link ya, hargai yang mengetik tulisannya… OK ^-^


EmoticonEmoticon